Monday, March 5, 2012

Balikpapan Part I - Kalimantan Timur (5 Maret 2012)

05 Maret 2012

Assalamualaikum Warohmatullohi wabarokatu,
Salam Sejahtera Untuk Semuanya.

Saat ini saya akan bercerita tentang pertama kalinya saya menggunakan pesawat terbang :D hahaha.. Perjalanan pertama saya menggunakan pewasat terbang ini adalah saat ada perjalanan dinas dari kantor saya bekerja yang menugaskan saya untuk dinas di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur.


Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia
Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar).

Singkat cerita, saya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang oil & gas, tepat nya di metering system. Nama perusahaan nya yaitu PT. Binaguna Adi Sejahtera. Sebuah perusahaan yang menjadi sole agent nya FMC technology, Smith Meter.

Di awal taun ini saat saya baru bergabung di perusahaan ini, saya mendapatkan pekerjaan upgrading metering system untuk costody transfer nya TOTAL EP INDONESIE di Senipah, Kalimantam Timur.

Beberapa Bulan saya membuat sebuah panel control untuk metering system di workshop PT. Binaguna di Jakarta Selatan, akhir nya selesai d akhir februari.

Pengiriman panel dari jakarta ke balikpapan pun d lakukan,

Dan di awal maret, Pagi itu saya berangkat bersama teman satu kantor dari Tebet meuju ke Bandara Soekarno Hatta, kami menggunakan supir dari kantor menuju Bandara Soekarno Hatta.

Saya tiba di terminal bandara Soekarno Hatta, lalu check in di counter Garuda Indonesia. Setelah check in, saya pun masuk ke boarding room dan menunggu pswat kami siap untuk d berangkatkan.

Ketika memasuki pewasat, saya langsung duduk sesuai dengan nomer kursi yang tertera di tiket. Saya duduk di samping jendela. Tak beberapa lama, pesawat pun take off berangkat menuju Bandara Sepinggan, yaitu bandara yang berada di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Perjalanan dari Jakarta ke Balikpapan ditempuh dengan waktu 2jam 10menit. Akhir nya kami berdua pun tiba di Bandara Sepinggan dengan selamat.


Bergegas kami ambil tas dan barang barang yang kami simpan di bagasi lalu kami di jemput oleh rekan kerja untuk menuju Mes atau Kantor cabang perusahaan kami.

Beberapa hari kemudian saya berangkat menuju Senipah, Kutai Kartanegara. Memerlukan waktu 90-120menit dari balikpapan menuju Senipah. Di Senipah terdapat sebuah perusahaan prancis bernama TOTAL EP INDONESIE dan saya bersama rekan rekan satu perusahaan akan memulai proyek pekerjaan upgreding metering sistem di sana.. Kami memiliki sebuah mes di Senipah. Satu minggu sekali kami refreshing menuju mes Balikpapan.

Senipah adalah daerah pesisir pantai, banyak rumah panggung dsana, banyak pohon kelapa, bertanah rawa, dan beberapa menggenang air dari irigasi. Daerah ini termasuk daerah yang panas saat siang hari. Pemandangan pantai yang indah di Senipah. Pantai Pamedas adalah salah satu pantai yang berada di Senipah.

Selama 3 bulan saya tinggal di Senipah dan Balikpapan. Sebuah perjalanan hdup yang baru bisa mengenal karakter orang orang dari Kalimantan Timur. 3 bulan berlalu dan saya pun pulang ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Lion Air.

Salam,
Post By Rizal Riansyah

No comments:

Post a Comment