Sunday, June 8, 2014

Singapore Part I - Merlion Park (08 Juni 2014)

Quote of the day : "Keluarlah berpetualangan, carilah suasana baru, carilah pengalaman baru, carilah dunia baru, Jadikan kehidupan anda lebih berwarna." Anonim

08 Juni 2014
Merlion Park Part I - Singapore

Assalamualaikum warohmatullohi Wabarokatu.
Salam sejahtera untuk kalian semua nya.

Hari yang hangat ini, saya akan bercerita tentang pengalaman saya mengunjungi tempat yang berada diluar Indonesia, masih Asia Tenggara, tepatnya yaitu Singapure.

Pertama kali saya menginjakan kaki di Singapure, cerita nya saat dulu saya ada dinas pekerjaan ke daerah Batam.Saat itu pekerjaan selesai dan ada libur sebelum saya kembali ke Jakarta, berdua sama teman saya pun bertanya tanya kepada orang orang sana bagaimana cara untuk menyebrangi laut dari Batam ke Singapure. Dari hasil survey, di putuskan lah kita akan menaiki sebuah jet foil atau perahu cepat dari salag satu pelabuhan yang ada di Batam ke Harbour Front, pelabuhan yang berada di Singapure.

Untuk membeli tiket, hal yang di butuhkan adalah jangan lupa untuk memiliki passport, perlihatkan pasport kita sebagai bukti bahwa kita adalah warga negara indonesia yang baik. Hahaha.. Membeli tiket perahu ini disarankan agar membeli tiket pulang pergi agar birokrasi saat ditanya oleh petugas Singapure nya tidak terlalu bermasalah. Bilang juga tujuan kita k Singapure adalah shopping. Meskipun kita hanya jalan jalan tanpa membeli apapun :D. Karena alasan itu adalah alasan yang selalu di izinkan oleh pihak Singapure. Kita juga mengisi beberapa form isian sebelum berangkat k Singapure.

Saya dan teman saya berangkat k Singapure menggunakan perahu jam 06.00 pagi hari saat itu. Untuk tiket pulang pada pukul 19.00 malam. Untuk harga tiket, relative murah sekitar 270rb/orang untuk pulang pergi. Banyak travel yang di tawarkan, namun kami memilih Batam Express. Sebelum masuk ke tempat check in, di sarankan juga menukarkan uang tunai rupiah kedalam bentuk Dollar Singapure. Memang sih di singapure pun banyak tempat penukaran mata uang, namun lebih baik kami menukar di Batam.

Setelah kami urus passport alias antri untuk mendapatkan cap di passport, kami berdua pun menaiki sebuah perahu super cepat. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 60menit. Sepanjang perjalanan kami banyak sekali melihat kapal kapal tanker yang lalu lalang. Untuk di ketahui, ada perbedaan waktu antara Batam (WIB) dengan Singapure. Waktu di Singapure lebih lebih cepat 1jam dibandingkan dengan waktu di Batam (WIB).

Pukul 08.00 pagi waktu Singapure, sampai lah kami di salah satu pelabuhan Singapure yaitu di Harbour Front. Sebuah pelabuhan besar yang menyatu dengan sebuah Mall yang besar. Akses dari Harbour Front ini sangat banyak. Jika anda akan pergi kmna pun ke daerah di Singapure, banyak akses dari sini.

Setibanya kami d Harbour Front, langsung kami membeli sebuah provider seluler untuk membeli kartu handpone. Nama nya "M1". Saya hanya membeli paket data 1hari saja. Untuk keperluan Internet acces dan komunikasi. Setelah itu kami bertanya kepada orang sekitar tentang Merlion Park, cara pergi kesana.. Banyak rute yang bisa d lewati untuk bisa pergi mengunjungi Merlion Park. Salah satu nya yaitu menggunakan MRT. Sebuah kereta bawah tanah dari Harbour Front mnuju ke stasiun MRT yang dekat dengan daerah Merlion Park. Peta jalur MRT atau pun SMRT (bis seperti busway) ada d setiap stasiun, kita bisa ambil gratis. Jika ingin lebih cepat sampai, pergunakanlah Taxi namun membutuhkan biaya yang lebih mahal. Rute dari Harbour Front menuju stasiun MRT paling dekat ke Merlion Park sangat jelas di peta yang berada d stasiun. Kami berdua membeli tiket MRT di sebuah mesin penjual tiket. Sangat Automatic. Kita pilih rute di mesin tiket yang display nya touchsreen, pilih tujuan, masukan uang sesuai harga tiket, bisa menggunakan uang kertas atau pun uang koin. Apabila uang kita berlebih, maka si mesin akan memberi kembalian nya dengan pas.. Sebuah mesin yang belum ada di Indonesia. Lalu tak perlu waktu lama, tiket pun keluar. Tidak ada petugas pengecek tiket disana, namun banyak sekali CCTV.. Untuk memasuki tmpat kereta MRT nya menggunakan pintu automatis, dengan cara menempelkan tiket tadi satu kali ke RFID system didekat pintu, maka pintu akan automatis terbuka.

Setelah memasuki stasiun, kita masuk ke lantai paling bawah, sesuai dengan krreta tujuan. Hanya perlu menunggu 2menit saja antara kereta yang berangkat dengan kereta yang baru datang. Sangat cepat sekali mobilisasi di Singapure.. Semua akomodasi angkutan masal benar benar dipergunakan dengan disiplin. Begitu penuh orang orang senang menggunakan angkutan masal, nun semua sangat di akomodir oleh system yang baik. Sehingga tidak ada kemacetan yang saya lihat d jalan jalan utama. Saya pun tidak melihat satu polisi pun di Singapure. Namun semua kendaraan, pejalan kaki selalu mematuhi peraturan peraturan negara tersebut. Jika ada yang melanggar, CCTV yang ada dimana mana datang mengetahui siapa saja yang melanggar lalu lintas.

Kembali ke cerita, sesampai nya saya di stasiun MRT yang dekat dengan Merlion Park, kami berdua pun jalan kaki beberapa menit menuju Merlion Park, dengan panduan dari GPS Smartphone.

Berjalan kaki di Singapure sangat nyaman, jalur yang jelas, orang orang yang mematuhi peraturan, this is fine city.. :D. Sungai yang sangat jernih, bersih. Tak ada sampah di jalanan, udara yang segar. Tidak ada nyamuk dan lalat di Sana. Ada beberapa toilet sehingga kita tidak kebingungan jika kebelet, toilet nya pun bersih dan yang pasti gratis.

Akhir nya kami pun sampai di tempat yang menjadi simbol Negara singa ini. Kami beristirshat Merlion Park sambil mengabadikan moment yang beru pertama kali menginjakan kaki d Negeri orang :D.

Dibawah ini adalah dokumentasi foto yang kami abadikan saat menyambangi negara ini :D.

Harbour Front

Di dalam MRT

Mendekati Merlion Park

Mall Harbour Front

Didalam MRT

Stasiun MRT bawah tanah

Berjalan kaki yang menyenangkan di Singapore

Setelah beberapa lama kami mengabiskan waktu di Merlion Park, kami pun berjalan kaki kembali ke stasiun MRT terdekat untuk kembali ke Harbour Front. Sangat ingin beberaha hari tinggal disini namun kami hanya punya waktu satu hari saja untuk mengunjungi Negara ini.